Senin, 18 Oktober 2010

Alasan dan Tujuan nge-blog/Blogging

Untuk apa anda nge-blog/blogging? ini sudah pasti ada di dalam benak pikiran anda. Sebelum anda membuat blog, menurut saya pasti sebelumnya anda sudah memikirkan rencana dan tujuan untuk nge-blog/blogging. Blogging/nge-blog pasti harus punya rencana dan tujuan yang matang agar blog anda tidak akan sia-sia pada saat dibuat.
Mungkin ada beberapa faktor alasan anda ingin nge-blog/blogging,
tetapi beberapa pendapat orang lain ada yang berbeda-beda karena alasan dan tujuan orang lain ingin nge-blog/blogging bervariasi.

Kita tidak tahu kalau pendapat kita juga sama dengan orang lain. Tapi menurut saya, saya mempunyai alasan dan tujuan untuk nge-blog/Blogging karena sebagai berikut;
  • Ingin berbagi ilmu/sesuatu hal yang menarik.
    Inilah alasan dan tujuan yang umum pada blogging. Berbagi itu menurut saya hal yang sangat penting pada saat blogging. Karena agar ilmu atau sesuatu hal yang saya punya bisa ditularkan kepada orang lain. Ditularkan bukan berarti hal yang negatif/jelek. Akan tetapi ditularkan seperti ilmu komputer, ilmu agama, cerita motivasi, tips dan trik, dan juga yang lainnya. Seperti pepatah mengatakan bahwa “Jika gelas yang diisi air terus-menerus, maka isi gelas tersebut akan penuh dan isi dari gelas tersebut akan tumpah keluar ”, jadi kalau kita punya ilmu meskipun sedikit, berbagilah dengan yang lainnya. Jika kita lupa dengan ilmu yang kita punya, maka orang yang sudah kita kasih ilmu kita pada mereka mungkin pasti akan ingat. Dan menurut saya juga, saya ingin berbagi sesuatu karena untuk dokumentasi pengetahuan saja. Mungkin dalam beberapa pendapat mengatakan kalau berbagi sesuatu/pengalaman itu sudah tradisi oleh para blogger lainnya. Tetapi pasti ada juga yang berpendapat lain.
  • Ingin mencari ilmu/wawasan.
    Ini alasan dan tujuan yang penting menurut saya, karena ilmu bukan datangnya dari diri kita sendiri saja, melainkan dari Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Mengetahui dan juga dari luar. Ada hadits (saya tidak tahu bahwa hadist ini shahih atau tidak) yang mengatakan bahwa “Carilah ilmu sampai ke negeri Cina”, maksudnya carilah ilmu meskipun tempatnya jauh sekali. Karena teknologi sudah berkembang dengan cepat, maka kita tidak usah bersusah payah sampai ke tempat yang jauh seperti di Cina atau di mana saja. Kita tinggal menggunakan internet dan merujuk alamat situsnya di internet, langsung tiba di alamat situs yang kita cari. Pada saat disitu kita bisa mendapat referensi dari web/blog lain. Ilmu itu boleh dibagi/di-share di blog dengan catatan jika ilmu itu dari web/blog lain, maka minta izin oleh web/blog yang diminta dan berilah sumber yang dimana ilmu itu anda dapatkan agar blog anda tidak di cap plagiat oleh blogger lainnya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa di dunia maya banyak sekali ilmu yang baik dan juga ilmu yang jelek, seperti ilmu hacking, cracking, cybercrime, pembajakan, dan sebagainya. Kalau menurut saya, ilmu itu tidak ada yang jelek/buruk tapi yang jelek bukan ilmunya, melainkan orang yang menyalahgunakan ilmu itu untuk berbuat kejahatan/kejelekan. Tetapi pasti ada juga yang berpendapat lain.
  • Ingin mencari teman/kawan.
    Ini pasti alasan dan tujuan buat para blogger yang suka bergaul. Di dunia blog tidak hanya untuk berbagi ilmu saja, melainkan kita bisa mencari teman atau kenalan juga. Kalau mencari teman atau kenalan tidak hanya di dekat sekitar lingkungan kita saja, tetapi kita bisa mencari teman atau kenalan di luar sana (di internet). Jika kita mempunyai banyak teman, pasti kita bisa lebih gampang mencari ilmu dan berbagi ilmu dari teman kita. Ada pepatah mengatakan bahwa “1000 teman itu masih sedikit, tetapi 1 musuh itu sudah terlalu banyak”, saya tidak tahu mengerti betul maksud tentang pepatah tersebut. Tetapi menurut saya, jika kita punya teman/kenalan, belum tentu teman kita menganggap kita baik atau bukan. Kalau kita melakukan kesalahan kepada teman kita atau orang lain, maka orang tersebut akan marah dan bisa saja menjadi musuh. Karena manusia mempunyai kelemahan dan kesalahan. Jadi, harap jaga sikap, perilaku, dan perkataan dengan teman atau orang lain. Tetapi pasti ada juga yang berpendapat lain.
  • Ingin mencari penghasilan tambahan.
    Inilah alasan yang paling menarik bagi para blogger lainnya. Pasti ini ada hubungannya dengan uang. Ada yang berpendapat bahwa kalau nge-blog/blogging tanpa menghasilkan apa-apa, maka hasilnya akan sia-sia. Itu menurut beberapa pendapat, tetapi ada juga yang berpendapat lain. Tapi menurut pendapat saya, jika mencari penghasilan uang dari blog, itu wajar saja asalkan dengan cara yang halal. Agar blog kita bisa mendapatkan penghasilan uang, maka blog kita harus dipasang iklan seperti adsense, internet marketing, dan sebagainya. Ada pepatah mengatakan bahwa “waktu adalah uang”, maksudnya jika kita mempunyai waktu luang, gunakan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Jika kita pada saat nge-blog/blogging, kalau bisa gunakan blog anda sebagai sumber penghasilan juga. Tetapi pasti ada juga yang berpendapat lain.
Itulah sebab alasan dan tujuan mengapa saya ataupun anda nge-blog/blogging. Mungkin anda melihat ulasan diatas banyak mengandung kalimat yang berkata “tetapi pasti ada juga yang berpendapat lain”, karena setiap pendapat seseorang pasti berbeda-beda. Meskipun pendapat saya dengan yang lainnya berbeda-beda, pasti ada yang hampir sama atau sama persis. Semoga blog saya ataupun anda bisa bermanfaat bagi kita semua.

2 komentar:

  1. kalo sy sih sederhana saja...

    ''Just Share ajah''
    hehe

    BalasHapus
  2. setuju gan...
    memang tujuan kita ngeblog kudu dipikirkan awal2

    BalasHapus

Jika ada kritik atau sarannya, tolong kasih komentarnya ya.

Sponsor

Sponsor


Adsense Indonesia
Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com