Jumat, 04 Juni 2010

Tips mengetik di keyboard

Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk dan jenis keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik. Meskipun dalam jangka waktu yang lama, namun yang lebih penting adalah bagaimana cara mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama pada tangan dan lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera tangan.


Menurut beberapa pendapat mengatakan bahwa pada saat anda akan mengetik pada keyboard, sebaiknya yang anda harus lakukan dengan cara seperti ini;
  1. Sejajarkan pergelangan tangan anda dengan telapak tangan anda.
    Usahakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan anda. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang dan jangan tegang atau kaku.
  2. Posisikan siku menggantung.
    Pastikan siku anda dalam posisi siku menggantung. Jangan menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
  3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda.
    Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari tangan anda. Jangan sampai jari tangan anda kaku dan tegang. Biarkan lemas, santai, dan apa adanya.
  4. Tekan tombol dengan tenang.
    Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengeluarkan kekuatan penuh dengan tangan anda. INGAT!!! anda sedang mengetik, bukan sedang memukul tombol keyboard.
  5. Bila saat tidak sedang mengetik.
    Lemaskan seluruh tangan anda bila sedang tidak mengetik. Usahakan renggangkan tangan anda dengan gerakan-gerakan kecil, agar aliran darah tetap lancar. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.

1 komentar:

Jika ada kritik atau sarannya, tolong kasih komentarnya ya.

Sponsor

Sponsor


Adsense Indonesia
Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com